Kamis, 03 November 2011

Es Pleret, Sesuatu dari Blitar



Pernah ke Blitar ?
Kalo ada rencana ke Blitar, jangan pernah meninggalkan kota Blitar tanpa mencicipi Es Pleret terlebih dulu.
Es Pleret merupakan minuman khas Blitar yang sangat terbatas area penjualannya. Area tersebut hanya seputar aloon-aloon Blitar. Sangat sulit menemukan minuman itu di wilayah-wilayah pelosok desa, meskipun Es Pleret asli produk Blitar. Demikian pula dengan teman karib si Pleret, yakni Es Legen (nira), mulai menurun kuantitas produknya. Es Pleret dengan bentuknya yang uniq seperti pentol bakso tapi dalamnya diisi pemanis, begitu masuk dimulut dan kena gigi langsung "mak tok"; pecah jadi nyess deh rasanya. Biasanya sih disajikan dalam gelas. Selain rasanya yang enak dan gurih, harganya juga sangat murah 


Bertempat di sekitar alun-alun Kota Blitar inilah berjejer beberapa penjual es pleret. Es pleret ini sendiri diambil dari nama sesepuh Blitar yakni Kyai Pleret. Yang membuat khas dari es pleret ini yakni bola bola pleret yang terbuat dari tepung dan dibentuk bulat-bulat. Bahkan untuk lebih menarik pembeli, pleret ini diberi warna merah dan putih. Untuk membuat es pleret ini terlebih dahulu mangkok diisi oleh pleret, lalu dicampur dengan agar-agar dan diberi gula jawa asli. Agar lebih segar diberi santan dan juga es batu maka jadilah es pleret. 


Mungkinkah es pleret ini bisa menjadi komoditas dagang seperti Cireng dari Sunda atau  Es Dawet Banjarnegara yang menjadi produk bisnis dalam sistem waralaba ?



1 komentar: